Rabu, 20 Januari 2010

PROC. INTEL CLARKDALE


PROC. CLARKDALE

Pada IDF 2009, Intel mendiskusikan prosesor mendatang 32nm-nya yang berbasis Westmere. Di panggung IDF, Intel pun mendemokan generasi mendatang core tersebut. Intel hadir lagi dengan inovasi terbarunya. Kali ini, prosesor Clarkdale. Prosesor ini masih menggunakan basis Nehalem seperti Lynnfield. Akan tetapi, Clarkdale rencananya akan ditawarkan dengan harga terjangkau. Singkatnya, inilah prosesor yang akan menjadi pengganti generasi Core2 di kelas harga menengah ke bawah.

Seperti sudah pernah diungkap sebelumnya, Clarkdale memiliki sistem grafis terintegrasi. VGA ini dijamin memiliki kemampuan lebih tinggi dibandingkan G45. Meski sisi prosesor Clarkdale menggunakan fabrikasi 32 nm, sisi VGA-nya masih menggunakan fabrikasi 45 nm. Adanya VGA terintegrasi membuat Clarkdale membutuhkan motherboard khusus untuk memanfaatkan sistem grafisnya. Untuk itu, Intel menyediakan chipset H55/H57. Dengan port HDMI yang tersedia bisa langsung memperoleh aliran data video dan digital sound langsung dari dalam prosesor.
Di ajang ini dipamerkan pula sejumlah system referensi yang dibangun pada Clarkdale. Ini antara lain system HTPC tipis yang mirip desain referensi mobile dengan memori SO-DIMM. Kotak mungil ini dikoneksikan ke sebuah LCD Dell, dan kabel keduanya disambungkan ke sepasang pengukur daya untuk memperlihatkan minimnya konsumsi daya. Sistem ini – lengkap dengan drive, memori, dan prosesor yang menjalankan program Cinebench, mengonsumsi lebih sedikit daya dibandingkan LCD-nya, tepatnya 40,1w vs, 70,4w.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar