Minggu, 24 Januari 2010

Dragon Age : Origin

RPG Bertema Dewasa yang Menarik

Dragon Age menyuguhkan game Role Playing yang penuh dengan pilihan moral, cerita yang menarik, dan pertempuran dengan kesulitan tinggi.

Para gamer tentu telah mengetahui dua jenis Role Playing Game (RPG) yang dapat ditemui saat ini. Pertama, Anda dapat menemukan jenis RPG yang lebih meng­u­tamakan aksi dan melawan musuh yang seakan tidak ada habisnya. Jenis RPG ini adalah Action RPG. Contoh paling terkenal untuk Action RPG adalah seri game Diablo, Sacred, dan Final Fantasy.

Kemudian, jenis RPG yang lain berusaha mendekatkan dirinya ke akar dari permainan ini sendiri, yaitu bermain peran. Jenis ini memiliki begitu banyak aturan untuk pengembangan karakter yang dimainkan, pertarungan yang lebih mengutamakan taktik, serta kemampuan tim secara keseluruhan, dan yang paling khas adalah banyaknya pilihan moral dalam dialog yang terjadi di sepanjang permainan. Dragon Age termasuk dalam jenis RPG kedua.

Pihak pengembang yang bertanggung jawab atas game ini adalah Bioware. Perusahaan ini sebelumnya begitu terkenal di dunia game dengan judul RPG yang sukses berat, seperti Neverwinter Nights, Baldur’s Gate, dan Mass Effect. Bobot permainan yang tergolong berat, terutama dari begitu banyaknya dialog yang pilihannya memengaruhi pengembangan karakter, peng­aturan statistik karakter yang tergolong rumit dan detail, serta pertarungan yang cukup sulit membuat game ini tidak ditujukan untuk para gamer yang tidak memiliki kesabaran dalam bermain. Namun, bila Anda menyukai RPG yang lebih rumit dari sekadar memukuli musuh yang tidak terhitung banyaknya dan mampu mengikuti cerita yang memiliki banyak plot, maka game ini sangat cocok untuk Anda.

Karakter yang Anda buat nantinya akan menentukan alur cerita yang akan Anda ikuti. Contohnya, ras manusia dengan kelas petarung dan manusia dengan kelas sihir akan memiliki cerita yang berbeda. Anda dapat memilih tiga ras (manusia, Elf, dan Dwarf) dengan kemampuan dan statis­tik yang berbeda. Setelah Anda mencapai level yang cukup tinggi, Anda dapat memilih kelas lanjutan yang lebih spesifik kemampuannya. Misalnya, Anda dapat memilih kelas petarung yang lebih menekankan pertahanan atau petarung yang mampu memberikan luka yang lebih hebat terhadap musuhnya. Untuk memudahkan pertarungan yang Anda temui, Anda dapat menghentikan permainan dengan menekan space dan menentukan aksi setiap karakter dengan santai. Selain itu, Anda juga dapat mengubah tingkat kesulitan kapan saja bila pertarungan terlalu sulit.

Seperti game RPG pada umumnya, se­tiap tindakan yang membutuhkan keahlian karakter Anda, seperti bertarung, akan menghadiahkan nilai pengalaman yang pada akhirnya akan meningkatkan level karakter. Anda dapat menyempurnakan karakter Anda dengan beberapa nilai statis­tik yang tergolong menjadi beberapa jenis keahlian. Apabila Anda memilih menjadi petarung yang berada di garis depan, gu­na­kan keahlian petarung dengan mengguna­kan tameng dan satu pedang, dua pedang, dan pedang besar yang harus dipegang dengan dua tangan. Lain lagi bila Anda lebih suka menyerang dari jauh. Anda dapat menggunakan keahlian pemanah dan serangan sihir yang banyak jenisnya. Sera­ngan sihir juga tidak melulu memberikan luka terhadap musuhnya. Anda dapat menggunakan sihir yang membuat mu­suh tidak dapat bergerak, membuatnya bertarung untuk Anda, dan melemahkan pertahanannya.

Selain bertarung, Anda juga dapat menjalin hubungan dengan rekan yang Anda temui. Setiap rekan Anda memiliki cerita yang unik. Pilihan dialog yang Anda berikan menentukan sikapnya terhadap Anda. Anda bisa memberikan jawaban yang menyenangkan hatinya atau membuat ia tidak menyukai Anda. Semua itu juga berpengaruh terhadap performanya ketika bertarung. Teman yang sangat akrab akan menyukai Anda dan mengajak Anda menjadi kekasihnya. Lucunya, tidak ada batasan gender untuk menjalin hubungan kekasih dalam game ini! Tertarik?

source : chip

Tidak ada komentar:

Posting Komentar