Selasa, 26 April 2016

Kiddle.co Bukan Bagian dari Google Maupun Alphabet





Belum lama ini, para orang tua di Internet bagaikan menemukan air di tengah padang pasir. Konon ada sebuah website untuk alat bantu cari di Internet dari Google yang dikatakan dibuat khusus untuk anak-anak di bawah umur. Sehingga anak-anak pun seakan bisa bebas dilepas saat mengarungi dunia maya lewat search engine yang dinamakan Kiddle.co ini. Namun, terjadi salah kaprah karena ternyata Google tidak berada di belakang ide ini.

Kesalah pahaman ini mungkin ditimbulkan akibat tag line dari Kiddle yang bertuliskan "Powered by editors and Google Safe Search". Yang artinya sebenarnya secara harafiah adalah ditenagai dengan para editor lewat engine Google Safe Search. Jadi Kiddle bukan berada di dalam bagian dari Google, melainkan hanya sekelompok orang pihak ketiga yang memanfaatkan tools dari Google Safe Seach, yang secara manual ditambahkan kata-kata kunci yang dianggap tidak pantas untuk anak kecil.

Selayaknya mesin yang dioperasikan secara manual, maka kerap kali terjadi kesalahan maupun kata kunci yang lolos dari pengamatan para editor Kiddle. Seperti misalnya saat memasukkan kata kunci yang tergolong aman "Rabbit" atau yang berarti kelinci, ternyata hasil pencarian yang diberikan Kiddle termasuk di dalamnya adalah video pembantaian kelinci yang sadis. Untungnya, saat berita ini ditulis para editor Kiddle langsung menanggapi respon dari orang-orang dan menghapus hasil pencarian tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar